Selasa, 04 Oktober 2016

8 Cara Menemukan Topik Konten untuk Blog yang Terjamin Akan Menjadi Populer

26 Mei 2016 oleh Darmawan Follow Like
Topik Konten

Ada 2 alasan utama yang menyebabkan seseorang “pensiun” blogging:

    Kehabisan topik.

    Blognya selalu sepi.

Ketika baru mulai blogging, kita semua rajin menerbitkan artikel…ada yang rutin tiap hari, ada yang beberapa kali seminggu, ada yang seminggu sekali, dll.

Tapi setelah menerbitkan banyak artikel, tetap tidak ada pengunjung.

Ini bisa jadi bukan salah isi artikelnya atau cara anda mempromosikan artikelnya.

Tapi kesalahan dalam memilih topik artikel.

Ya, memang tidak semua topik ditakdirkan untuk jadi populer. Meskipun anda sudah mengincar keyword dengan volume pencarian tinggi dan persaingan rendah.

Jadi, sebelum anda pensiun gara-gara alasan tadi pelajari cara mendapatkan topik konten yang dijamin bakal jadi populer.

Strategi yang akan kita gunakan

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, meskipun suatu topik punya volume pencarian yang tinggi di Google Keyword Planner tapi belum tentu akan populer.

Justru mencari topik dari GKP itu strategi terburuk utuk blog baru.

Begitu pula dengan search di Google.

Mengapa?

Pertama, untuk keyword dengan volume tinggi pasti saingannya berat. Blog baru akan sulit ditemukan di tengah-tengah persaingan yang berat.

Kedua, keyword bervolume rendah kemungkinan tidak akan populer ketika dipromosikan.

Padahal seperti yang dijelaskan dalam panduan meningkatkan pengunjung blog ini, supaya bisa kuat secara SEO maka konten tersebut harus populer dulu.

Jadi inilah strategi kita:

Temukan topik yang sudah terjamin akan populer, buat konten yang 10x lipat lebih baik daripada saingan, lalu promosikan dengan cara yang benar.

Inilah cara mencari topiknya.
Mencari topik konten yang terbukti populer

Topik itu memegang peranan penting. Seberapa bagus pun artikel anda, kalau topiknya yang dibahas memang dasarnya tidak menarik maka percuma.

Di sini kita tidak akan main asumsi dan tebak-tebakan…

Kita akan mencari topik yang terbukti akan/pernah jadi populer.

Sebelum itu, saya akan beritahu dulu bahwa topik yang kita temukan mungkin akan terinspirasi dari blog-blog lain. Meskipun topiknya sama, tapi isinya tidak boleh sama.
1. Forum, Grup FB, Komunitas G+

Salah satu ciri utama bahwa sebuah topik akan populer adalah topik tersebut sering ditanyakan oleh orang lain di situs-situs komunitas.

Ketiga jenis situs komunitas ini adalah juaranya.

Sebetulnya, artikel yang sedang anda baca sekarang ini pun terinspirasi dari situs komunitas.

Pertama-tama, kalau anda sebagai blogger belum bergabung ke situs komunitas…segera cari yang berhubungan dengan topik blog anda kemudian gabung di dalamnya.

Punya blog otomotif? Gabunglah ke grup otomotif.

Punya blog teknologi? Gabunglah ke grup teknologi.

Untuk mencari grup yang tepat di Facebook, ketika di kolom pencarian: “Groups about [topik]“. Masukkan [topik] sesuai topik utama blog anda, dalam Bahasa Indonesia juga tidak masalah.

Mencari grup di FB

Sedangkan untuk mencari forum, gunakan Google dengan kata kunci “forum [topik]“.

Kemudian di dalam komunitas anda akan menemukan banyak pertanyaan dari anggotanya. Semakin banyak like-nya (atau komentarnya), maka semakin populer topik tersebut.

Pertanyaan ini sering ditanyakan dalam salah satu grup tentang SEO:

Contoh pertanyaan di grup

Karena itu saya membuat artikel tentang SEO toko online ini…dan sampai sekarang menjadi salah satu artikel terpopuler yang saya terbitkan.

Padahal di Google Keyword Planner, tidak ada apa-apanya:

Volumenya kecil

Itu sebabnya situs komunitas lebih baik daripada GKP.
2. Quora dan Reddit

Quora adalah situs tanya-jawab sedangkan Reddit adalah situs komunitas.

Keduanya sama-sama menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, dan keduanya merupakan situs terbesar dalam kategorinya masing-masing.

Ada yang unik dari kedua situs ini dibanding situs forum biasa…

…sistem voting.

Jadi apabila ada topik atau diskusi yang banyak disukai oleh orang lain, maka mereka bisa mem-vote topik tersebut.

Semakin tinggi vote-nya, semakin populer topiknya.

Misalnya anda ingin membuat sebuah artikel tentang produktivitas…tapi tentunya kalau cuma menulis tentang “cara meningkatkan produktivitas” sudah terlalu biasa.

Kita bisa mendapatkan inspirasi dari kedua situs ini.

Produktivitas di Quora

Jadi jauh lebih menarik kan?

Pertanyaan pertama punya 164 jawaban dan 1400 vote. Pertanyaan kedua punya 310 jawaban dan ada 15300 follower. Ini sudah terbukti populer.



Untuk Reddit, tidak jauh berbeda. Langsung search dengan kata kunci yang anda inginkan:

Produktivitas di Reddit

Karena komunitasnya lebih besar, Reddit biasanya punya lebih banyak diskusi dalam berbagai topik.

Tapi sayangnya situs ini diblokir oleh pemerintah kita yang tercinta. Jadi kalau anda tidak punya akses menuju Reddit, cukup gunakan Quora.
3. Dapatkan inspirasi dari blog lain

Ini teknik yang sudah sering dilakukan oleh para blogger.

Tapi biasanya caranya salah… Ada yang langsung ikut-ikutan menulis semua topik dari blog yang mereka tiru, ada juga yang justru memilih topik yang salah.

Ikuti tahap ini supaya anda tidak salah pilih.

Pertama, temukan salah satu (atau lebih) blog yang memiliki topik sama/mirip dengan anda. Gunakan Google, masukkan kata kunci “blog [topik]”, kemudian pilih blog yang benar-benar populer.

Saya akan menggunakan StrategiManajemen untuk contohnya.

Kedua, kunjungi SocialCount atau QuickSprout dan masukkan alamat blog tadi.

Tunggu beberapa menit, prosesnya akan lebih lama untuk website yang punya banyak halaman.

Post terpopuler

…inilah konten-konten terpopuler dari websitenya.

Dari sini anda akan punya ide, konten seperti apa yang akan mendapatkan banyak share dari social media.

Terinspirasi dari orang lain itu sah-sah saja…

…tapi hati-hati.

Ketika membuat konten dalam topik yang sama dengan blog sumber inspirasi anda, jangan sampai isinya sama (walaupun ditulis ulang dengan kalimat berbeda).

Karena kalau anda menulis ulang, saya 100% yakin konten anda akan jadi lebih jelek daripada milik mereka.

Kalau seperti itu, mustahil kontennya jadi populer.

Di bagian akhir artikel ini akan dijelaskan cara membuat konten.
4. Intip buku terpopuler di Amazon Kindle

Kalau blog adalah sebuah buku, maka konten itu seperti sebuah bab atau sub-bab.

Jadi kalau kita punya blog dalam suatu topik, kita bisa mencari buku-buku terpopuler dalam topik tersebut dan melihat apa saja yang dibahas di dalamnya.

Caranya, mampir ke toko buku terdekat…

Atau lihat toko buku online terbesar di dunia: Amazon.

Masuk ke kategori Kindle eBooks di Amazon.

Lalu di kolom pencarian di bagian atas masukkan salah satu topik utama dari blog anda.

Dalam contoh ini saya pakai “paleo diet” (salah satu jenis diet).

Selanjutnya pilih salah satu buku terpopuler.

Buku paleo diet

Tidak perlu dibeli…klik pada gambar sampulnya.

Setelah itu anda akan diperlihatkan beberapa halaman awal dari buku tersebut. Hampir semua buku untuk Kindle di Amazon akan memperlihatkan bagian berikut:

Daftar isi buku Amazon

Daftar isi…

Inilah yang akan kita gunakan sebagai inspirasi untuk topik konten di blog.

Karena berasal dari buku terpopuler di dunia, maka topik-topik dari daftar isinya pasti sudah terjamin.
5. Intip isi kursus online terpopuler di Udemy

Udemy adalah salah satu situs kursus online terbesar di dunia.

Prinsipnya mirip dengan teknik nomor 4 di atas.

Bedanya, di Udemy kursus-kursus yang populer lebih ke arah ilmu “teknologi”. Misalnya programming, SEO, digital marketing, fotografi, desain grafis, dll.

Meskipun ada juga yang non-teknologi seperti kesehatan dan fitness, tapi yang seperti ini di Amazon lebih lengkap.

Pertama, search dengan kata kunci yang anda pilih.

Dalam contoh ini saya gunakan “photography”.

Kemudian pilih salah satu kursus terpopuler dari hasil pencarian.

Kursus online di Udemy

Selain judul dan rating, perhatikan juga jumlah lectures-nya. Klik salah satu yang tepat menurut anda.

Kemudian scroll ke bawah, kita akan diperlihatkan daftar isinya:

Daftar isi kursus fotografi

Teknik nomor 4 dan 5 ini sangat efektif apabila konten dari blog anda berupa panduan.

Dengan menggunakan daftar isi buku dan kursus online saja anda sudah bisa membuat artikel-artikel seri panduan yang berisi beberapa bab seperti di halaman ini.
6. Temukan konten terpopuler dalam suatu topik umum

Ada sebuah tool freemium yang bisa kita manfaatkan untuk yang satu ini.

BuzzSumo.

Salah satu fungsinya adalah untuk mencari konten-konten yang mendapatkan paling banyak share di social media untuk kata kunci yang dimasukkan.

Alternatifnya, gunakan Ahrefs Content Explorer.

Caranya tidak sulit, langsung masuk ke salah satu dari kedua website tersebut. Kemudian masukkan kata kunci yang anda inginkan.

Konten terpopuler

Meskipun agak mirip dengan mencari langsung di Google, tetapi dari BuzzSumo biasanya kita  diberikan konten yang sangat berbeda satu sama lain.
7. Pinterest, gudangnya ide

Pinterest merupakan jejaring sosial yang unik dibandingkan Facebook dan Twitter.

Orang-orang aktif di situs ini bukan untuk menulis status, atau melihat foto-foto sahabatnya…melainkan untuk berbagi bacaan yang menarik.

Maka sangat mudah untuk menemukan artikel populer di Pinterest.

Apalagi karena Pinterest memang didesain sebagai sumber ide, fitur search-nya sangat efektif untuk menemukan berbagai bacaan yang menarik hanya dari 1 keyword.

Hasil pencarian Pinterest

Dibandingkan mencari langsung di Google, hasilnya akan jauh lebih beragam.

Selain itu juga ada statistik yang mendukung seperti jumlah Re-pin (seperti Retweet di Twitter) dan Like.
Memproses sebuah ide menjadi konten

Inti utama ini sebenarnya sudah selesai.

8 teknik di atas merupakan cara terbaik untuk menemukan ide topik konten yang benar-benar sudah populer. Jadi sebelum mulai membuat pun anda sudah yakin bahwa ini akan jadi populer.

Tapi…

Itu hanya kalau anda berhasil membuat konten yang kualitasnya lebih bagus daripada yang sudah ada.

Yang sering terjadi seperti ini:

    Simpan konten yang menarik dari 1 blog
    Buat artikel baru di blog sendiri
    Ubah urutan poin 1, 2, 3 dst. dari konten aslinya
    Tulis ulang setiap kalimatnya tanpa merubah arti

Ini dijamin tidak akan berhasil.

Memang betul bahwa artikelnya jadi ‘unik’ karena tidak sama…tapi intinya tetap sama persis.

Bayangkan:

Anda berada di kelas, 2 orang teman anda akan presentasi secara bergiliran.

Setelah teman pertama selesai, ternyata teman kedua presentasi hal yang sama persis. Yang diubah cuma urutan dan kalimatnya.

Apakah orang-orang tetap rela mendengarkan?

Tidak akan…semua orang di kelas tadi bakal protes.

Meskipun semua kalimat berbeda 100% tetapi tidak ada informasi baru yang berharga bagi pendengar/pembaca.
Jadi, beginilah cara membuat kontennya…

Setelah anda menentukan salah satu topik, temukan minimal 5 artikel terbaik dalam topik yang sama. Baca semuanya.

Perhatikan apa yang berbeda, apa kekurangannya.

Buat konten baru yang informasinya:

    Baru & berbeda (bukan cuma urutan dan kalimatnya)
    Jauh lebih lengkap
    Lebih menarik dan mudah untuk dipahami

Panduan lebih lanjut mengenai ini dijelaskan dalam metode KTP.

Terakhir, konten sebaik apapun tidak akan pernah jadi populer apabila tidak dipromosikan. Maka dari itu pastikan anda mempromosikan konten setelah diterbitkan.