Minggu, 25 September 2016

Sumber Penghasilan Situs Berita & Daftar Situs dengan Pendapatan Google Adsense Terbesar.

SUMBER Pendapatan Utama Situs Berita Online Sama dengan Blogger, yaitu Google Adsense (GA). Pasalnya, situs-situs berita (news portal) seperti Detik, Republika Online, Merdeka, Okezone, juga sama-sama mengandalkan Iklan Google.

Tentu saja pendapatan mereka rata-rata jauh lebih besar ketimbang para blogger. Secara, mereka 'kan situs berita, portal berita, yang menyajikan berbagai macam topik tulisan dan konten dan pengunjungnya pun ratusan ribu hingga jutaan user per hari.

Lebih dari itu, mereka 'kan memang media komersial dan profesional dengan dipayungi badan hukum (lembaga pers/perusahaan media), dan mempekerjakan para wartawan profesional juga.

Salah satu thread di situs Bersosial, ada data penghasilan situs berita dengan mengutip pernyataan pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI), J. Heru Margianto dan Asep Syaefullah: "Bagaimana media dan berita online memperoleh penghasilan?" Jawabnya: Iklan!

Traffic menjadi kunci sukses media online (situs berita), juga blog, dalam meraih pundi-pundi dolar lewat Google Adsense dan pengiklan.

Traffic adalah aktivitas pada satu halaman situs yang dihasilkan dari kunjungan pengguna internet dan aktivitas pengguna internet di halaman itu.

Semakin banyak sebuah situs dikunjungi dan semakin banyak aktivitas yang dilakukan pengguna internet di laman-laman situs itu, maka traffic situs itu semakin tinggi. Traffic itu seperti “penonton” pada stasiun televisi; “pendengar” pada stasiun radio; atau “oplah” pada media cetak.

Traffic adalah keseluruhan aktivitas pembaca pada situs media online. General Manager Kompas.com Dhanang Radityo, seperti dikutip dalam thread di bersosial.com itu menjelaskan, termasuk di dalam traffic adalah visit, unique visitor, pageview, dan length of visit.
5 Situs Indonesia Berpenghasil Google Adsense Terbesar
Banyak juga data tentang daftar situs penghasil Google Adsense terbesar di Indonesia. Salah satunya sebuah thread di kaskus sebagai berikut:

    Kaskus -- penghasilan dari Google Adsense lebih dari US$13.000
    Detik.com --penghasilan yang di peroleh kisaran US$5.000
    Viva News -- Penghasilan Google Adsense sekitar US$4.100
    Kompas -- Kisaran US$4.000
    Detik News -- Memperoleh minimal US$2.800 dari Google Adsense.

Di level global, secara internasional, ada daftar 10 situs/blog penghasil Google Adsense terbesar, dengan penghasilan hingga puluhan ribu dolar per bulan, misalnya seperti dirilis laman Top Tech Live yaitu:

    Ehow - http://www.ehow.com/
    Mashable - http://mashable.com/
    Forum Digital Point - https://forums.digitalpoint.com/
    Pof - http://pof.com/
    Digg - http://digg.com/
    Tech Crunch - http://techcrunch.com/
    Perez Hilton - http://perezhilton.com/
    Shoe Money - http://www.shoemoney.com/
    Labnol - http://www.labnol.org/
    Click India - http://www.clickindia.com/

Jelas 'kan? Sumber Pendapatan Situs Berita Online Sama dengan Blogger. Namun, tentu saja situs-situs profesional itu juga punya sumber lain, seperti iklan lokal atau yang iklan langsung, dan konten berbayar (paid content) alias dari penjualan konten tertentu ke pihak yang membutuhkan.