Rabu, 17 Agustus 2016

Pengertian SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE serta Dalam Penerapannya pada blogger [2016]

Setelah mengetahui pengertian SEO seperti yang dibahas di postingan sebelumnya yaitu tentang pengertian SEO dan definisi apa itu SEO, dan kali ini saya akan membahas tentang jenis - jenis optimasi SEO. Ada dua macam jenis optimasi SEO, yaitu optimasi SEO on page dan optimasi SEO off page.


Apa itu SEO on page? Kata SEO on page berasal dari bahasa Inggris, yang artinya adalah optimasi mesin pencari pada halaman. Jadi, pengertian dari SEO on page adalah suatu usaha pengoptimalan dari dalam blog itu yang bertujuan meningkatkan jumlah trafik blog melalui mesin pencari dan menduduki peringkat pertama di SERP (Search Engine Result Page).


Lalu apa saja optimasi SEO on page itu dan bagaimana cara melakukannya?

    Memilih template (CSS) yang SEO friendly. CSS (template) yang SEO friendly adalah CSS yang tidak menggunakan property "display:none", "font-size:0;" dan kode sejenisnya yang bertujuan untuk menyembunyikan suatu element dan juga responsive.
    Berilah judul artikel kamu sesuai dengan kata kunci yang ingin kamu optimalkan dan sesuai dengan isi dari artikel tersebut (relevan).
    Buatlah artikel dengan hasil karya sendiri bukan hasil karya orang lain (copy-paste) dan juga merupakan sebuah artikel yang berkualitas.
    Postinglah artikel di blog kamu secara berkala dan rutin (teratur). Minimal 4 hari sekali, tetapi yang paling bagus adalah perbaharui artikel di blogmu 1 hari sekali.
    Mempercepat berat halaman blog, dengan menghapus widget - widget yang kurang penting dan menggunakan template yang responsive.
    Dan melakukan optimasi gambar, yaitu dengan memberi tag alt dan title pada gambar untuk mendesksripsikan artikel dari gambar tersebut kepada mesin pencari dan pengunjung.

Lalu apa itu SEO off page? Kata SEO off page ini juga berasal dari bahasa Inggris, yang artinya adalah optimasi mesin pencari diluar halaman. Jadi, pengertian dari SEO off page ini adalah kebalikannya dari SEO on page yaitu suatu usaha pengoptimalan dari luar blog itu sendiri yang bertujuan mendatangkan pengunjung dan meningkatkan trafik blog dari sumber lain sepeti social bookmark atau social media.


Lalu apa saja optimasi SEO off page itu dan bagaimana cara melakukanya?

  •     Mempromosikan web atau blog di jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter dan Google .
  •     Submit blog ke berbagai mesin pencari. Atau ke web directory.
  •     Submit setiap artikel di blogmu ke social bookmark.
  •     Mencari backlink entah itu lewat berkomentar di blog - blog dofollow atau dengan bertukar link antar sesama blogger, dan mensubmit artikel ke social bookmark.
  •     Dan yang terakhir adalah dengan blogwalking, yaitu dengan mengunjugi blog - blog teman.

Nah itulah pengertian SEO on page dan SEO off page serta cara untuk melakukannya. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.