Senin, 15 Agustus 2016

Pengertian BreadCrumb dan Fungsi, Untuk Pencarian Kata Kunci "keyword" di GOOGLE

Marinir Seo Tutorial pada kesempatan atau postingan kali ini akan memberikan informasi mengenai dunia blog. Info blog ini walaupun kelihatannya sudah banyak yang memposting, tapi sebenarnya dalam postingan saya semuanya adalah pengalaman pribadi saya. Maksudnya, apa yang saya posting dalam blog saya adalah sesuatu yang menjadi pertanyaan saya. Jadi, ini sekedar share atas apa yang saya tidak ketahui dalam dunia blogging, kemudian saya tuangkan kembali dalam bentuk postingan seperti ini jika saya sudah tahu jawabannya. Lihat saja, hampir semua tutorial blog saya yang saya posting, saya juga aplikasi ke dalam blog ini. Maklum, saya juga masih newbie, blogger pemula.

Mengenal Breadcrumbs. Breadcrumbs adalah sebuah navigasi pada blog yang biasanya memberikan informasi kepada pengunjung blog, dimana posisinya sekarang. Maksudnya, posisi atau letak postingan yang mereka baca. Sedangkan definisi yang dibuat oleh Wikipedia seperti ini "Breadcrumbs or breadcrumb trail is a navigation aid used in user interfaces", semoga Anda mengerti artinya. Breadcrumbs merupakan gambaran bagi siapa saja yang ingin memperhatikan bahwa sebuah blog atau website yang terpasang breadcrumbs adalah seperti akar atau tangga yang bertingkat-tingkat. Biasanya tingkat tertinggi adalah home/beranda dari blog atau website itu sendiri. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:




breadcrumbs adalah dan fungsinya
Ya, ketika Anda melihat gambar di atas. Dengan mudah mungkin dapat memberikan pengertian sendiri mengenai breadcrumbs ini. Lihat kembali strukturnya, You are here: Home / Music / Listen, jadi jelas bukan kalau breadcrumbs sebenarnya adalah seperti struktur tangga atau akar dalam sebuah pohon. Listen mewakili serabut akar paling halus, kemudian membesar ke Music (bisanya menunjukkan label postingan), kemudian berakhir pada pangkal akar itu sendiri atau Home (tampilan muka/beranda dari blog atau website). Untuk lebih jelasnya, breadcrumbs mungkin juga dapat dikatakan struktur file dalam sebuah blog. Mirip struktur file dalam sebuah file di dalam komputer.




breadcrumbs adalah dan fungsinya
Jadi, sudah jelas ya pengertian dari breadcrumbs itu. Semoga Anda paham dari definisi breadcrumbs yang baru saya paparkan. Kemudian, lanjut ke permasalahan kedua. Apa fungsi dari breadcrumbs ini ? Terus apakah breadcrumbs berguna dalam SEO (Search Engine Optimization) sebuah blog. Berikut penjelasan saya mengenai manfaat atau fungsi breadcrumbs. Breadcrumbs berfungsi untuk :
Memberikan kemudahan navigasi bagi pengunjung blog atau website
Breadcrumbs berfungsi untuk membantu untuk memberikan orientasi, menunjukkan jalan kepada mereka para pengunjuing blog Anda untuk mengetahui lokasi dimana postingan mereka baca.
Link atau tatutan yang ada di breadcrumbs membantu para pengunjung blog Anda dengan cepat untuk kembali ke halaman awal meraka kunjugi atau setidaknya kembali ke beranda / home blog atau website Anda.
Lantas, adakah fungsi atau manfaat breadcrumbs dalam hal SEO blog Anda. Berikut info yang saya dapat terkait manfaat breadcrumbs untuk SEO.
Keyword Density-breadcrumbs menambahkan keyword atau kata kunci yang Anda fokuskan bangun dalam halaman blog Anda, building desinty.
Untuk index halaman oleh Google. Dalam pencarian google, biasanya si mesin pencari ini juga menyertakan navigasi blog yang sedang di cari, atau bisa dikatakan bahwa google juga mengindex navigasi terkait keyword yang Anda isikan dalam kotak pencariannya. Contoh, mungkin yang bisa menjelaskan hal ini adalah ketika saya menuliskan di kotak pencarian google "berita wanita", atau "info wanita", maka dalam salah satu hasil pencariannya terlihat seperti berikut ini (blog yang menerapkan breadcrumbs untuk blognya).
breadcrumbs adalah dan fungsinya




Jadi, untuk SEO (Optimasi mesin Pencari) ini dengan breadcrumbs, banyak keyword atau kata kunci yang dapat diindex oleh google dalam blog Anda.

Mungkin, itu yang bisa saya share kepada Anda mengenai pengertian breadcrumbs, bagaimana manfaat dan fungsi breadcrumbs, hingga sedikit saya serempet mengenai manfaat breadcrumbs untuk SEO. Itu yang dapat saya share pada kesempatan ini. Berikut adalah postingan yang terkait dengan postingan ini, info blog :
1. Seberapa cepat loading blog Anda ?
2. Pengenalan Singkat HTML
3. Hal yang Membuat blog kurang Pengunjung
4. Mengenal Template SEO Friendly
5. Pengertian Parse HTML

Seperti aturan biasa, jika Anda ingin menyimpan postingan ini atau yang lebih "ingin meng-copy", mohon selalu sertakan link dari postingan ini :


Pngertian BreadCrump Version 2.0

Syukur alhamdulillah setelah ganti template sekarang loading blog terasa lebih ringan dibandingkan waktu menggunakan template lama. Dan kali ini blogger pemula blog inspirasi ini akan menyempatkan waktu untuk berbagi tentang apa itu breadcrumb navigation ? apa fungsi breadcrumb navigation ? apa pengaruh breadcrumb navigation terhadap SEO blog ?dan bagaimana cara membuat/memasang breadcrumb navigation pada blog ?
Apa itu Breadcrumb Navigation ?,
Khusus untuk sahabat blogger yang belum mengetahui apa itu breadcrumb navigation.
Breadcrumb Navigation (menurut saya) adalah sebuah menu navigasi/penunjuk arah halaman yang sedang dibuka berupa link horisontal berurut yang diawali dengan menu Home/Beranda >> Label >> Judul Halaman Yang Sedang Dibuka. Letak dari menu Breadcrumb Navigation ini biasanya berada di atas judul postingan, jika sahabat blogger masih bingung silahkan lihat langsung screenshootnya di bawah ini :




Apa Fungsi Breadcrumb Navigation ?,
Mengenai fungsinya, navigasi breadcrumb ini memiliki fungsi yaitu untuk mempermudah pengunjung melacak lokasi dalam dokumen dan kembali ke awal halaman/home-page dengan mudah.
Menurut Jacob Nielsen, ditinjau dari sisi kegunaanya breadcrumb navigation berfungsi untuk menunjukkan lokasi/path dari halaman web/blog yang sedang dikunjungi, relatif terhadap struktur di atasnya serta menyediakan fitur one click access ke level halaman web/blog di atasnya sekaligus menghindari pengunjung tersesat karena terlalu dalam menjelajah web/blog kita.
Manfaat Breadcrumb untuk SEO Blog ?,
Dengan memasang breadcrumb navigation pada web/blog (menurut pakar SEO) hal ini juga akan membuat konten/postingan blog lebih cepat terindex dan keterlihatan pada hasil pencarian juga akan berbeda. Lihat screenshoot hasil pencarian Google konten blog yang menggunakan menu breadcrumb navigation di bawah ini :




Bagaimana Cara Memasang Breadcrumb Navigation pada Blogspot ?
Mengenai cara memasang breadcrumb navigation pada blogger blogspot, sahabat blogger bisa langsung menuju pada halaman posting blog inspirasi selanjutnya pada :Cara Membuat/Memasang Breadcrumb Navigation pada Blogspot.
Demikian sampai disini dulu posting blog inpirasi kali ini, semoga bermanfaat untuk sahabat blogger.
salam hangat dari blogger pemula blog inspirasi

Jika menurut sahabat blogger artikel ini bermanfaat, mohon luangkan waktu beberapa detik saja untuk memberikan like, +1, atau tweet. terima kasih.