Senin, 15 Agustus 2016

Cara Menghemat Listrik Pada KOMPUTER dan Laptop dengan Berbagai Versi dan Cara

Cara hemat listrik komputer anda? Jika Anda mencoba untuk menghemat uang dari tagihan listrik, Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak listrik yang dikonsumsi komputer anda saat ini? Namun, menemukan jawaban untuk pertanyaan ini bisa menjadi tugas yang agak rumit.
Jumlah listrik yang dikonsumsi komputer tergantung pada jenis peralatan yang Anda miliki dan apa aplikasi yang anda jalankan. Biasanya, jumlah listrik yang dikonsumsi komputer adalah antara 65 watt dan 250 watt. Monitor CRT sering membutuhkan antara 35 watt dan 80 watt listrik. Komputer desktop memiliki label yang berisi berapa banyak listrik yang mereka butuhkan, tetapi ini biasanya teoritis maksimum dan bukan representasi rata-rata.



Seperti yang mungkin Anda harapkan, komputer desktop dengan prosesor lebih cepat menggunakan listrik lebih besar dari komputer dengan prosesor lebih lambat. LCD monitor hanya menggunakan sekitar setengah listrik monitor CRT berukuran sama. Aksesoris dan peripheral seperti modem kabel, router, atau Webcam berkontribusi untuk peningkatan dalam banyaknya listrik yang dikonsumsi komputer.




Terlepas dari apa jenis komputer Anda, jenis pekerjaan yang Anda lakukan pada komputer akan membuat perbedaan dalam konsumsi listrik. Menggunakan komputer untuk mengedit gambar digital, desain website, atau bermain video game menggunakan listrik lebih besar dari membaca email atau menyelesaikan tugas-tugas pengolah kata sederhana. Selain itu, jumlah listrik yang dikonsumsi komputer secara signifikan akan meningkat ketika terhubung ke Internet.



Salah satu kesalahpahaman umum tentang jumlah listrik yang dikonsumsi komputer adalah bahwa menggunakan screensaver menghemat uang. Screensaver tidak menggunakan lebih sedikit energi. Screensaver adalah serangkaian gambar bergerak bertujuan untuk melindungi layar dari gambar statis.

Jika Anda khawatir tentang tagihan listrik yang tinggi, pilihan yang lebih baik adalah menggunakan modus stand by bila komputer tidak sedang digunakan. Dalam modus stand by, komputer menggunakan sekitar 6 watt listrik dan konsumsi listrik monitor turun menjadi hampir tidak ada. Tentu saja yang paling murah adalah matikan komputer saat tidak digunakan.



Meskipun banyak orang lebih memilih laptop karena alasan kenyamanan, menarik untuk dicatat bahwa laptop juga bisa merupakan cara menghemat energi yang signifikan. Kebanyakan laptop menggunakan antara 15 watt dan 45 watt listrik. Beralih ke laptop mungkin menjadi keputusan cerdas jika Anda khawatir tentang berapa banyak tagihan listrik di rumah anda. Itulah Cara hemat listrik komputer anda.

Cara Menghemat Listrik Versi ke 2

Hemat listrik termasuk saat menggunakan komputer sangat penting artinya. Perilaku yang bijak dalam menggunakan peralatan listrik termasuk komputer bukan hanya sekedar mengurangi pengeluaran bulanan saja tetapi mampu memberikan pengaruh yang signifikan dalam mengatasi krisis energi di Indonesia dan mengurangi dampak pemanasan global. Sikap hemat listrik dalam menggunakan komputer ini seharusnya menjadi sesuatu yang mutlak bagi orang-orang yang setiap hari berkutat dengan komputer termasuk bagi para blogger.



Untuk Apa Musti Hemat Listrik?. Berhemat dalam mengonsumsi listrik mampu menekan ancaman pemanasan global. Ini mengingat sektor ketenagalestrikan menghasilkan sekitar 40 persen emisi karbon. Artinya, semakin tinggi konsumsi listrik maka semakin tinggi pula emisi karbon yang dihasilkan dari pembangkit listrik yang 60 persen diantaranya masih menggunakan bahan bakar fosil. Sementara pembakaran bahan bakar fosil menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global, yang berdampak pada meningkatnya suhu bumi secara global.

Di lain sisi, sekitar 45 persen penduduk Indonesia yang belum dapat menikmati listrik. Dan kita yang mempunyai akses listrik sering kali terlalu boros dalam memakai listrik. Permintaan listrik yang meningkat, perilaku boros, dan terbatasnya kapasitas pembangkit listrik membuat Indonesia mengalami krisis listrik sehingga sering kali mengalami pemadaman bergilir.



Cara Hemat Listrik Komputer. Bagi sobat-sobat yang setiap hari bekerja dengan komputer sudah waktunya untuk berhemat. Sikap hemat ini tidak hanya dengan mematkan listrik ketika sedang ada event lingkungan semacam Earth Hour, World Silent Day, dan Hari Lingkungan Hidup saja tetapi musti kita terapkan setiap hari.

Untuk berhemat listrik dalam memakai komputer ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti;

1. Fungsikan dan setting fasilitas power management komputer.

Aktifkan (enable) fasilitas power management sehingga ketika sobat terlupa atau tidak sempat untuk mematikan komputer, komputer akan mati dengan otomatis sesuai dengan setting yang kita buat. Jadi ketika sobat lelah blogwalking kemudian tertidur di depan komputer, komputer tidak akan hidup hingga pagi.

Cara menngaktifkan fasilitas power management cukup mudah hanya dengan masuk ke 'Control Panel' > Power Options', kemudian lakukan setting:

    Turn off monitor; isilah semisal 'After 15 minutes' sehingga layar monitor akan mati setelah 15 menit tidak ada aktivitas di komputer.
    Turn off hard disks: isilah semisal 'After 1 hour' yang artinya semua harddisk akan dimatikan setelah satu jam tidak ada aktivitas di komputer.
    System standby: isilah semisal 'After 30 minutes' sehingga komputer akan akan mati sementara setelah 30 menit tidak ada aktivitas di komputer.
    System hibernate: isilah semisal 'After 1 hours' berarti komputer akan akan mati sementara setelah tiga jam tidak ada aktivitas di komputer. Jangan lupa pada tabulasi Hibernate pilih enable hibernation.

Dalam mode standby dan hibernate pekerjaan atau program yang sedang dijalankan tidak akan hilang sehingga saat komputer dinyalakan keaadaan akan kembali seperti semula.

2. Matikan atau suspend komputer saat meninggalkan komputer.

Jangan ragu mematikan komputer ketika hendak pergi meninggalkan dan tidak menggunakan komputer. Contohnya jika meninggalkan komputer selama belasan menit hematlah dengan mematikan monitor. Sedang jika pergi selama dua jam, berhematlah dengan mematikan monitar dan CPU sekaligus.  Sobat bisa memilih mematikan total atau sekedar standby atau hibernate.

3. Cabut semua colokan komuter saat komputer tidak terpakai.

Peralatan listrik termasuk komputer tetap mengonsumsi listrik ketika masih terhubung dengan sumber listrik. Karena itu bersikaplah hemat dengan mencabut semua colokan saat kompoter tidak terpakai.

4. Gunakan w yang rendah konsumsi listrik.

Saat ini semakin banyak produk yang ramah lingkungan dan mempunyai daya konsumsi listrik yang lebih rendah. Contohnya adalah monitor LCD yang mampu menghemat listrik hingga antara 40-70 % dibandingkan dengan layar konvensional, monitor CRT. Jika mempunyai anggaran yang memadai kenapa tidak berpindah pada produk-produk semacam ini?.

5. Ajaklah teman sekitar untuk hemat listrik.

Ajaklah semua teman sobat untuk ikut menghemat listrik termasuk dalam pemakaian komputer. Jika teman satu kantor bisa sobat pengaruhi tentunya akan menjadi sebuah penghematan listrik yang spektakuler. Siapa tahu bos akan terkesan dan memberikan bonus jabatan.

Berkampanye hemat energi listrik melalui artikel di blog, seperti yang saya lakukan ini, paling tidak dapat memperbanyak jumlah postingan. Dari pada tidak laku menjadi juru kampanye (jurkam) pilkada lebih baik menjadi jurkam hemat listrik saat menggunakan komputer.

*Tulisan tentang cara menghemat konsumsi listrik saat menggunakan komputer ini terinspirasi dari postingan Kang Alwi (m-alwi.com) yang mengangkat tema serupa.

Cara ke tiga Untuk MENGHEMAT LISTRIK pada Komputer atau Laptop

Tips Menghemat energi PC, Laptop – Pernahkah anda merasa pembayaran listrik bengkak gara-gara penggunaan computer atau laptop setiap hari? Apalagi sekarang ini listrik menggunakan pulsa, tentunya kita harus lebih hemat sehemat mungkin agar pulsa listrik kita tidak cepet habis. Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut AllSoft berbagi tips cara menghemat energi pada computer dan laptop.

1. Atur pencahayaan dan kontras monitor
Mungkin bagi orang yang awam atau pemula dalam menggunakan komputer, mereka jarang sekali memperhatikan pengaturan monitor mereka. Yang dimaksud dalam hal ini adalah tingkat pencahayaan dan kontras yang diatur terlalu tinggi akan bisa menghabiskan banyak energi. Maka untuk itu anda harus bisa mengatur pencahayaan dan kontras tersebut, untuk mengatur pencahayaan dan kontras monitor tersebut gunakan tombol yang berada di bawah monitor.

2. Matikan monitor
Tips yang ke-dua adalah dengan mematikan monitor, terutama monitor yang jenisnya adalah jenis CRT (Cathode Ray Tubel), karena monitor jenis tersebut lebih banyak mengkonsumsi tenaga listrik. Jadi, jika anda ingin meninggalkan PC tersebut dalam waktu yang lama, sebaiknya matikan monitor anda.
Anda juga dapat menyetting Windows agar secara otomatis langsung mati dalam beberapa waktu tertentu, itu bisa dilakukan dengan cara, klik "Control Panel-Options". Dalam "Power Options Properties" klik tab "Power Schemes". Lalu klik tanda panah di bagian "Power Schemes" lalu pilih "Home/Office desk". Lalu pilih waktu yang diinginkan pada "Turn Off Monitor" dan klik "Apply" dan "OK".



3. Matikan Hard disk
Meskipun kita tidak sedang melakukan apa pun pada komputer kita, tapi data anda akan selalu dibaca dari hard disk (oleh sistem operasi dan beberapa aplikasi). Karena alasan ini, hard disk hard disk akan terus menerus berputar dan tentu saja ini akan menghabiskan energi. Jika anda ingin meninggalkan PC anda dalam waktu yang lama, maka sebaiknya matikan hard disk PC anda. Pada "Power Options Properties" lalu klik tab "Power Schmes". Klik tanda panah di bagian "Power Schemes" dan pilih "Home/Off desk". Kemudian klik "Turn off hard disk" dan pilih waktunya. Lalu klik "Apply" dan "Ok".

4. Matikan peralatan lainnya
Matikanlah peralatan lainnya seperti, speaker, modem eksternal, scanner, Zip drive dan printer. Karena peralatan itu sangat menghabiskan banyak energi. Seringkali orang meninggalkan peralatan tersebut dalam keadaan aktif, bahkan saat kita sedang keluar dalam waktu yang lama.

5. Mode Hibernate
Mode hibernate ini adalah fasilitas untuk melakukan shut down, tapi tidak menutup atau mematikan aplikasi yang sedang kita buka tadi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara Mode "Hibernate". Dengan mode ini, isi memory utama (RAM) akan tersimpan dalam hard disk. Cara melakukan mode hibernate adalah sebagai berikut, pada "Power Options" kliklah tab "Hibernate". Lalu klik kotak dekat "Enable Hibernation". Klik juga pada tab "Advanced". Dalam bagian "When I Press the power button" lalu klik tanda panahnya kemudian klik "Hibernate". Klik "Apply" dan "Ok". Setelah itu tekan tombol "Power" pada komputer anda. Mode hibernate sudah berfungsi, tekan tombol "Power" sekali lagi, komputer anda akan menyala dan akan otomatis membuka aplikasi yang telah anda buka tadi.

6. Mode Standby
Agar bisa menghemat energi, sebaiknya pengaturan monitor dan hard disk berada di bagian yang paling rendah pada mode standby. Jika anda ingin meninggalkan PC sebentar, sebaiknya aktifkan mode standby. Namun yang harus anda ketahui adalah, saat mode standby aktif data-data yang belum anda simpan dapat rusak atau hilang kalau PC anda mengalami kerusakan. Sebaiknya simpan dahulu data atau dokumen anda sebelum anda mengaktifkan mode standby ini. Mode standby dapat dilakukan dengan cara, klik "Start-Turn Off computer" lalu klik "Stanby".



7. Gunakanlah UPS
Gunakanlah selalu alat UPS, karena alat ini bisa membantu penyelamatan data atau shut down saat terjadi mati listrik. Untuk mengatur peralatan UPS dan mengkonfigurasikan alat tersebut "Power Option Properties" lalu pilih tab UPS. Bagian status dalam tab UPS menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung UPS terhadap PC anda. Sebenarnya banyak cara untuk mengkonfigurasikan UPS, namun hal ini tergantung dari model dan kapasitas UPS yang digunakan.

8. Baterai Laptop
Jika anda men-charge baterai laptop, pastikan proses charge-nya selesai. Karena proses charge yang dilakukan setengah-setengah lalu dilanjutkan kembali, itu malah akan menghabiskan banyak energi. Jika anda ingin berpergian, sebaiknya bawa selalu baterai tambaha. Untuk menghemat pemakaian baterai. Anda bisa memanfaatkan feature Hibernate/Suspended atau gunakan soket listrik yang dihubungkan ke stopkontak.

9. Port USB
Jika saat anda menggunaka laptop dan saat itu anda memasukkan salah satu ke port USB di laptop, sebaiknya kalau sudah selesai langsung dilepaskan saja. Karena peralatan yang masih tertancap di port USB, itu juga dapat menghabiskan tenaga pada PC atau laptop anda. Sebaiknya lepaskan alat tersebut bila pemakainnya dirasa sudah cukup.



10. Skema Pemakaian Energi Laptop
Biasanya produsen-produsen laptop juga menyertakan feature dan software power management. Software ini sangat berguna sekali bagi para konsumen laptop, karena software ini mampu mengatur pemakaian baterai dan daya listrik yang sedang digunakan. Di software ini ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk mengetahui beban hard disk dan energi lain yang sedang digunakan oleh laptop. Di antaranya mengetahui kecepatan prosessor atau pencahayaan monitor yang tepat untuk dapat menghemat baterai. Software ini sekaligus dapat menjadi pengawas bagi kita dalam menggunakan laptop.