Minggu, 14 Agustus 2016

Cara Memaksimalkan SEO Web atau BLOG dengan Link Building pada PBN "Dummy Blog"

Ini adalah Cara Saya Memaksimalkan Penggunaan PBN (private blog network) untuk Link Building atau SEO, tiap orang bisa berbeda-beda dan ini tidak wajib di ikuti :)

Untuk Anda yang masih belum terbiasa dengan link building menggunakan PBN semoga saja tulisan ini bisa bermanfaat dan memberi sedikit pandangan tentang cara kerja PBN dan efeknya untuk Web-web utama yang kita miliki.

Pada dasarnya, pembuatan PBN adalah untuk membypass backlink berkualitas, yang jika dicari dengan cara manual ke web-web yang masih aktif cukup susah.

Kenapa backlink PBN dikatakan berkualitas? Karena diambil dari domain yang sudah berumur (Aged), Ber-PR, ber DA PA dan mempunyai backlink profile yang bagus. Jadi domain-domain tersebut sudah mempunyai Trust dimata Google.

Keunggulan lainnya, link di dalam PBN ini bersifat kontekstual (didalam artikel), relevan dengan isi artikel dan OBL (link keluar) kecil.


Jadi, konsep PBN adalah mengutamakan kualitas, bukan kuantitas. Dan untuk persaingan keyword medium kebawah ataupun untuk blog-blog lokal saya rasa link dari PBN ini cukup bisa membantu untuk mengangkat web utama ke SERP.

Selama ini, saya menggunakan backlink PBN sebagai Tier 1 dan Tier 2 Link. Jika menggunakan link PBN sebagai Tier 2 link, pastikan Tier 1 link anda benar-benar web yang berkualitas, dalam artian punya trafik yang cukup dan konten yang readabale (web yang dibangun untuk human, bukan robot).

Jika tier 1 link anda adalah blog2 web 2.0, backlink profile atau wiki link dengan konten seadanya, maka jangan dibacklink ke PBN karena alurnya akan menjadi terbalik.

Alur yang saya sarankan adalah :

Web 2.0/forum/sosbok/comment,dsb > PBN > Money Site

dan bukan ;

PBN > Web 2.0/forum/sosbok/comment,dsb > Money Site

Terkecuali jika itu tadi, Web 2.0 anda sebagai tier 1 mempunyai trafik yg cukup dan konten yang benar-benar readable.

Karena konsepnya mengutamakan kualitas dan bukan kuantitas, maka anchor text yang dipakai untuk PBN ini usahakan disekitar keyword utama dan keyword andalan web utama Anda. Kalo over optimized keyword gimana ??

Update algoritma Google terbaru kabarnya memang mengincar web-web yang over optimasi keyword. Untuk ini kita bisa mengimbanginya dengan memasang keyword-keyword generik (click here, kunjungi web ini, visit the site, dll), Branding anchor text (contohseonih.blogspot.com.com, www.marinirseo.web.id, dll) naked keyword (http://www.marinirseo.web.id), LSI keyword, long tail keyword dll ke web-web yg kualitas linknya lebih rendah (sosbok, blog komen, dsb).

Jadi poin utama yang ingin saya sampaikan adalah, pasang anchor text / keyword-keyword utama di web-web yg linknya berkualitas, dan pasang keyword-keyword penyeimbang di web-web yg kualitas linknya lebih rendah. Dengan begitu Anda tetap bisa melakukan link building menarget keyword-keyword utama tanpa harus over optimized, karena secara keseluruhan nantinya backlink profile anda akan tetap seimbang.

Kesalahan yang sering saya lihat disini adalah, kurangnya variasi anchor text ketika membuat backlink di PBN.

Misal keyword utama Anda "Cara membuat PBN", maka Anda bisa membuat variasi anchor text seperti tips membuat PBN, cara membuat PBN murah, jasa membuat PBN, PBN murah dan lengkap, cara membuat PBN gratis, dsb.

Jangan menggunakan anchor text yg sama persis berulang-ulang di semua network karena selain spammy dan tidak natural, cara tersebut bisa jadi malah membahayakan buat kelangsungan hidup money site. Mungkin cara tersebut efektik di tahun 2010an, tapi untuk algoritma Google terbaru sekarang, cara tersebut malah seperti mengundang penalty.

Untuk jumlah backlink yang dipasang, biasanya 1 PBN hanya saya pasang 1x backlink, yaitu ke bagian homepage. Jika terpaksa sampai 2x atau lebih, maka saya arahkan ke bagian kategori atau halaman lain yang meranking di SERP.

Pedoman saya, lebih baik dapat 2 link dari web yang berbeda daripada 5 link tapi dari 1 domain yang sama. Dan pertimbangan lainnya karena saya mengoptimasi beberapa Money Site sekaligus, jadi tidak cukup waktu untuk membacklink beberapa halaman dari 1 Money site ke 1 blog PBN.

Sekian dulu tips-tipsnya, semoga tips penggunaan PBN untuk SEO ini bisa berguna bagi Anda. Tips-tips lain seputar PBN akan saya bagikan di grup yang telah dan akan saya buat. Bingung ?? Simak penjelasannya dibawah ini :D


Singkat cerita, setelah beberapa kali mengikuti patungan PBN di beberapa grup, beberapa waktu lalu saya memutuskan untuk membuat grup PBN sendiri. Grup pertama yang saya buat dan saya singgung disini sudah siap jalan dan kuota member sudah penuh (20 orang). Untuk itu saya ingin membuat grup lagi dengan kualitas yang kurang lebih sama namun dengan kuota member yang agak berbeda, yaitu max 50 orang.

Bagi Anda yang berminat ikutan grup ini tapi tidak yakin dengan kualitas dalemannya, berikut saya list beberapa konsep pokok dari patungan PBN yang akan saya buat:

Kriteria Domain:
– Minimal PR3
– DA PA min. 10
– Aged min. 2 tahun
– Clean Backlink (saya cek dengan ahrefs premium)
– Tidak drop lebih dari sekali

Konten yang ada di grup ini nantinya adalah hasil spin/rewrite/translate, sebenarnya lebih bagus jika konten manual yang readable dan unik 100%, tapi disini saya tidak bisa mengaplikasikan hal tersebut karena kemampuan dana/budget tiap member yang berbeda-beda.

Meskipun hasil spin/rewrite/translate, nantinya akan ada tips-tips dari saya agar konten-konten tersebut tetap menghasilkan efek positif bagi web utama yang dibacklink.

Pendaftaran untuk grup ini gratis, hanya biaya domain saja. Itupun jika Anda memutuskan untuk titip dibelikan domain yang memenuhi kriteria diatas. Jika Anda titip ke saya, biaya $28 (via GoDaddy Auction). Jika anda beli sendiri, saya harus cek dulu apakah domain yang anda setorkan memenuhi syarat atau tidak.

PBN bisa dipakai untuk blog inggris maupun blog indo, dengan konten utama tetap bahasa inggris.

Fitur lain yang saya pakai adalah multi author, jadi setiap pelanggaran bisa dilacak dengan lebih mudah. Bagi Anda yang alergi dengan cheater maka fitur ini akan sangat membantu.

Dan bagi Anda yang suka mengelabui peraturan untuk keuntungan sendiri, posting asal jadi, seenaknya sendiri dll maka sebaiknya jangan join, karena kemungkinan besar Anda tidak akan kerasan dengan rules-rules yang saya buat.

Bagi Anda yang sudah subscribe di blog ini, undangan untuk patungan PBN ini akan saya kirimkan nanti malam berikut dengan cara-cara join dan persyaratan-persayaratan lainnya. Post ini akan saya update begitu kuota member terpenuhi.