Jumat, 15 Juli 2016

Lima langkah membuat rumah minimalis

Lima Langkah Dalam Merencanakan Desain Rumah Murah - Desain rumah bagus dan baik tak berarti harus mahal dan mewah. Kemungkinan besar rumah dengan biaya rendah dapat menghasilkan rumah yang indah, sehat, dan menarik. Tapi itu berupa konsep perencanaan strategis dan perhitungan yang cermat soal desain rumah murah untuk ditinggali bersama keluarga tercinta.
Ide Desain Rumah Murah Sehat
Strategi desain rumah murah tentu saja tidak akan menguras kantong Anda, selain itu juga tidak murahan. Berikut ini adalah tips mendesain rumah murah yang bisa Anda kerjakan langsung.
1. Bentuk rumah sederhana
Jauhkan desain rumah dengan bentuk kotak simetris tanpa banyaknya lekukan atau bengkok. Bentuk rumah bergelombang akan menghasilkan sebuah struktur yang juga berlekuk. Alhasil, perlu lebih banyak bahan dan manufaktur dan telah menjadi lebih rumit. Rumah berbentuk kotak akan membentuk desain atap yang sederhana. Seperti bentuk warna matahari dan kursi, dan atap miring dalam satu arah. Layaknya atap pelana dan perisai atau atap yang miring ke satu arah. Desain rumah minimalis telah menjadi tren di Indonesia terutama mengadopsi bentuk kotak sederhana.
2. Space efisiensi ukuran ruangan
Jangan menciptakan ruang yang terlalu besar dalam desain rumah murah. Karena dimensi ruang yang besar, itu akan menjadikan biayanya meningkat. Sesuaikan kebutuhan ruang dan dana yang anda miliki. Ruang tidur yang akan ditempati oleh satu orang tidak perlu dibuat untuk tidur ruang dua orang. Kapasitas ruang tidur 1orang dapat dilengkapi dengan teras tempat tidur sehingga ruangan bisa menampung 2 orang. Kamar mandi tidak boleh terlalu lebar, hanya bolehr 1,5×1,8 m yang terdapat kakus dan bak mandi. Namun, dibandingkan dengan bak mandi, menggunakan shower akan menghemat konsumsi air, dan dapat menekan konsumsi listrik.
3. Efisiensi struktur
Jumlah biaya yang harus dibayar untuk struktur rumah yang sangat besar, yaitu sekitar 50-60% dari total biaya pembangunan rumah. Dari awal struktur rangka pondasi, kolom, balok, lantai dan atap. Penghematan biaya terkait dengan struktur dimensi dari kinerja dan sistem struktur. Efisiensi struktur ini dapat diproduksi dengan perhitungan yang dilakukan oleh struktur ahli. Seorang ahli dapat memilih dan menentukan struktur sistem yang sederhana dan murah, tapi tentu saja kekuatan rumah tetap aman. Misalnya, atap dengan selimut asbes (yang tidak mengandung zat berbahaya asbes) membutuhkan kasau dan purlins tanpa bilah. Karena ringan dari seluruh struktur pendukung di bawah ini yang dapat dibuat lebih kecil dari genteng.
4. Menggunakan bahan-bahan lokal
Penggunaan bahan lokal sudah tersedia di sekitar lokasi Anda. Tentu saja, penggunaan bahan lokal akan mengurangi biaya transportasi saat pengiriman. Mengenali dan mempelajari potensi wilayah Anda. Kemungkinan banyak produk lokal dan bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai bahan bangunan. Contohnya seperti bambu, kayu kelapa, batu bata, genteng, dan lain sebagainya. Anda dapat menggunakan bambu sebagai bahan bangunan. Tentu saja, setelah melakukan konservasi bambu. Bambu yang telah diawetkan akan berlangsung 25 tahun. Proses pengawetan bambu cukup sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri.
5. Pemanfaatan bahan bekas
Bahan bekas yang dalam kondisi baik tentu saja dapat Anda gunakan lagi dalam desain rumah murah. Harganya akan lebih murah daripada yang baru.
Benar, bagian dari strategi desain rumah murah membutuhkan perencanaan yang matang, dan penggunaan bahan yang tepat. Dengan demikian, ketika proses pembangunan ada perubahan. Jangan ragu untuk menggunakan jasa seorang arsitek dan ahli struktur. Meskipun Anda akan memiliki biaya tertentu, tapi hasilnya akan menghemat biaya secara keseluruhan.